Download Gratis Kumpulan Contoh Surat Resmi Terbaru Format Word


Bingkai Guru - Download Gratis Kumpulan Contoh Surat Resmi Terbaru Format Word
Sekolah Ku- Surat Resmi atau Surat Dinas dengan berbgai macam keperluan dapat anda download dalam bentuk format Ms. Word sehingga memudahkan dalam pngetikan dan penyusunannya.
Berikut penjelasan singkat kami tentang Contoh Surat Resmi.
Pengertian Surat Resmi
Kumpulan Contoh Surat Resmi Terbaru Dilengkapi Format Word yang bisa membantu anda dlam menyelasaikan masalah anda, namun begotu untuklebih memahami dan lebih bagusnya silahkan pahami dulu apa itu Surat Resmi. Surat Resmi atau Surat Dinas adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang digunakan dalam menyampaikan maksud dan tujuan yang bersifat resmi dengan terikat oleh aturan dan ketentua yang baku atau formal. Surat Resmi ini dapat digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi, maupun instansi baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta dalam berbagai keperluan dan tujuan dan juga sebagai bukti fisik dalam bentuk administarsi atau sebagai dasar dan pegangan dalam pelaksanaanya.
Ciri ciri Surat Resmi
Menggunakan bahasa efektif, singkat, padat, namun jelas bagaimana maksudnya.
Menggunakan bahasa baku sesuai dengan kaidah bahasa indonesia dan ejaan yang disempurnakan (EYD) baik frasa, kosakata, dan tata bahasanya.
Menggunakan bahasa eksplisit bukan implisit
Disajikan dalam bentuk full block atau bisa juga semi block/indented block
Memiliki kop surat apabila dikeluarkan oleh lembaga resmi (instansi)
Terdapat nomor, lampiran, perihal, Tanggal, alamat tujuan.
Pada kondisi tertentu disertai stempel atau cap khusus
Dibuat dalam bentuk sistematis dan sesuai dengan aturan baku
Jenis jenis Surat Resmi 
Surat Permohonan Digunakan untuk memohon sesuatu pada orang lain, biasanya kepada atasan maupun pengadilan, karena memohon maka sifatnya menginginkan sesuatu. Seperti : Permohonan perceraian, penelitian skripsi, bantuan dana masjid, bantuan dana pembangunan gapura dll.

Surat Keputusan Berisi keputusan dari atasan berkenaan dengan hal-hal yang belum jelas, biasanya berkaitan dengan lembaga atau instansi. Contoh : Keputusan pengangkatan pegawai, SK Panitia dari kepala sekolah, Pengangkatan Pengurus dan Tenaga Pengajar Pendidikan PAUD, dll.

Surat Panggilan/undangan Digunakan untuk memanggil atau mengundang seseorang dalam kepentingan tertentu Kalian pasti sudah sering membaca undangan seperti undangan pernikahan, pesta ulang tahun, khitanan dll. ataupun panggilan polisi, kerja, interview, pegawai, dan lainnya.

Surat Perintah Seperti namanya, berfungsi sebagai perantara pesan untuk memerintah atau menginstruksikan bawahan/pegawai. Seperti : Perintah lembur, tugas siskamling, perjalanan dinas (SPPD), tugas menjaga keamanan.

Surat Kuasa Pemberian kuasa atau wewenang dari pemilik pada seseorang. Untuk pengertian surat kuasa yang lengkap bisa dilihat pada link tersebut. Misal : pemberian kuasa atas pengambilan uang di bank, pengambilan ijazah, pembayaran pajak, penerimaan kartu kredit dll.

Surat Edaran Pesan tertulis yang ditujukan pada kelompok atau kalangan tertentu dengan memberitahukan suatu hal/kegiatan. Contoh : Surat Edaran Pembentukan KPPS pada Pemilu, Pengumuman Libur karena Ujian Sekolah. Lihat juga artikel kami tentang : Surat Lamaran Kerja
Kumpulan Contoh Surat Resmi Terbaru Format Word

Download Gratis Kumpulan Contoh Surat Resmi Terbaru Format Word
Demikian yang dapat blog http://bingkaiguru.blogspot.co.id bagikan kali ini. Semoga membantu dan bermanfaat. Amin

0 Response to "Download Gratis Kumpulan Contoh Surat Resmi Terbaru Format Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel