Download Aplikasi Membuat Soal Gratis Format Excel dilengkapi Kartu Soal

Tahap penulisan butir soal dimulai dengan menentukan jumlah soal yang perlu disusun. Penulisan butir tes pertama-tama mungkin menghasilakan butir soal yang memeliki berbagai kekurangan dan kelemahan. Dengan kenyataan demikian maka sebagai persediaan penyusunan butir soal diperlukan jumlah yang lebih besar dari klebutuhan karena pada akhirnya butir-butir tersebut  akan dipilih yang sesuai dengan kompetensi yang diujikan. Selain membuat butir-butir soal perlu juga disusun kunci jawaban yang nantinya akan digunakan sebagi acuan penilaian. Setelah mendapatkan butir-butir soal selanjutnya kita harus memilih lagi butir soal mana yang sekiranya tepat untuk dipakai.

Membuat soal merupakan kegiatan rutin yang dilaksankan untuk mengevalusi hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam pembuatan soal khususnya ketika diketik menggunakan perangkat komputer sering terjadi permasalahan dalam pembuatan format soal. Bagi Bapak/Ibu yang sudah terbiasa mungkin tidak masalah, namun demikian bagi yang sedang belajar mengoperasikan komputer akan menjadi masalah yang serius.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini kami bagikan Aplikasi untuk memudahkan pembuatan soal bagik Essay ataupun Pilihan Ganda ( PG ). Aplikasi ini dapat membantu memudahkan pembuatan soal di Sekolah.


Download Aplikasi Soal Gratis Format Excel dilengkapi Kartu Soal

Aplikasi Pembuatan Soal diatas memliki fitur-fitur tambahan yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam pembuatan soal Pilihan Ganda maupun Essay. Diantaranya adalah format Naskah Soal yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan, serta format form kisi kisi untuk soal PG maupun Essay yang dibuat.

Pembuatan soal tidaklah lengkap tanpa disertai dengan penyusunan soal  menjadi perangkat tes yang baik. Dalam tahapan yang terakhir ini naskah soal yang sudah ada disusun menjadi alat tes yang sempurna disertai jawabanya.

Kunci jawaban yang dibuat harus sesuai dengan susunanya dengan soal yang telah tersusun. Perlu diperhatikan pula dalam membuat jawaban untuk soal objektif berupa jawaban pendek, jawaban berupa alternatif jawaban benar dan untuk soal esai jawaban berupa rambu-rambu jawaban yang benar. Selain jawaban, cara penilaian dan mengolah sekor juga harus dibuat agar tidak terjadi kesalahan dalam penilaian
.

Mudah-mudahan saja dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru dalam pembuatan soal-soal di Sekolah. Silahkan diunduh dan dibagikan. Salam bingkai guru.

0 Response to "Download Aplikasi Membuat Soal Gratis Format Excel dilengkapi Kartu Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel